Penangan kasus Mario Dandy berlarut-larut, pengamat soroti profesionalitas aparat

Kedua tersangka penganiayaan David Ozora hingga kini belum dibawa ke pengadilan karena penanganan perkaranya berlarut-larut.

Pengamat menyoroti profesionalitas aparat menyusul berlarut-larutnya penanganan kasus penganiayaan David Ozora oleh Mario Dandy cs. Dokumentasi Polri

Keluarga David Ozora mengeluhkan berlarut-larutnya proses penanganan perkara penganiayaan oleh Mario Dandy dan Shane Lukas. Pangkalnya, kedua tersangka belum menjalani persidangan hingga kini.

Pakar hukum pidana Universitas Lampung (Unila), Yusdianto, menilai, itu menunjukkan aparat penegak hukum kurang profesional dalam menindaklanjuti perkara tersebut. Ketaatan terhadap regulasi pun tidak diindahkan.

"Sudah saatnya kita mengingatkan jangan sampai ada dugaan menghambat, dugaan terjadi praktik perkara yang dicurigai sehingga menguntungkan pihak lain dalam pekara ini," katanya saat dihubungi di Jakarta, Selasa (23/5) malam.

"Kalau misalkan di luar proses, mestinya ada alasan dan disampaikan kepada masyarakat atau kepada yang beperkara," sambungnya. Apalagi, penanganan perkara yang melanggar prosedur akan menyebabkan malaadministrasi.

Yusdianto mengingatkan, setiap penanganan perkara hukum ada yang mengawasi. Apabila kejaksaan tak segera menyampaikan hasil telaah syarat formil dan materiel sesuai hukum acara, pengawas akan bersikap.