Kata Hadi Tjahjanto soal kasus Kepala BPN Jaktim: Jadi pelajaran kita semua

Anak buah Hadi, yakni Kepala BPN Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra, diketahui pernah jadi sorotan publik lantaran gaya hidup mewah.

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto. Alinea.id/Gempita Surya

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengingatkan jajarannya selaku penyelenggara negara untuk menghindari perilaku koruptif. Sikap antikorupsi itu, menurut Hadi, perlu ditanamkan dari lingkungan keluarga.

"Kami minta kepada Dirjen untuk terus memberikan perhatian dan eselon-eselon di bawahnya, serta mengingat dan menghindari perilaku-perilaku koruptif," kata Hadi usai menghadiri pembekalan antikorupsi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (16/5).

Hadi menyoroti pentingnya sikap antikorupsi di lingkungan keluarga, khususnya bagi para penyelenggara negara dan pasangannya. Sebab, tak sedikit perkara rasuah yang ditangani KPK melibatkan keluarga penyelenggara negara. 

Salah satu anak buah Hadi, yakni Kepala BPN Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra, diketahui pernah jadi sorotan publik lantaran gaya hidup mewah sang istri. Istri Sudarman, Vidya Piscarista, kerap flexing kemewahan di media sosial Instagram.

Buntut dari flexing tersebut, KPK pun telah memanggil Sudarman dan istrinya untuk menjalani klarifikasi LHKPN pada 21 Maret 2023. Tim Direktorat PP LHKPN meminta keterangan dari mereka terkait asal-usul harta dan kesesuaian antara aset yang ada di lapangan dengan yang dilaporkan.