Komnas HAM periksa PT Liga Indonesia Baru lusa

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) menyatakan ada penembakan gas air mata ke arah tribun Stadion Kanjuruhan.

Tragedi Kanjuruhan. Foto Ist

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan melakukan pemeriksaan terhadap PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada pekan ini. Pemeriksaan itu berkaitan dengan insiden Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan, pemeriksaan terhadap PT LIB akan dilakukan pada Rabu (19/10). PT LIB diharapkan mengutus para petingginya untuk datang pada pemeriksaan tersebut.

“PT LIB hari Rabu (diperiksa) insya Allah. Semoga PT LIB bisa datang karena kan sudah ditunda dan memang penundaannya karena ada pemeriksaan, Rabu baru bisa kita ambil keterangan,” kata Anam kepada wartawan, Senin (17/10).

Hingga saat ini, kata Anam, Komnas HAM baru menerima keterangan terkait hubungan antara penyelenggara PT LIB dengan PSSI, hubungan PSSI dengan FIFA. Dalam kerangka itu yang paling penting adalah kewenangan dan keputusan diambil oleh siapa dan bagaimana prosesnya. 

Lantaran, pertanyaan tersebut akan jadi kerangka bagi Komnas HAM untuk menentukan sebenarnya dalam konteks Kanjuruhan ini. Pihaknya juga tengah mencari pihak yang paling bertanggung jawab termasuk di level pengamanan.