Kronologi kerusuhan di Mako Brimob versi Kapolri

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tito Karnavian tengah berada di Yordania saat terjadi kerusuhan di Mako Brimob.

Pada Kamis malam (10/5), Kapolri Tito Karnavian akhirnya menjelaskan kronoligi selengkapnya terkait kerusuhan di Rumah Tahanan teroris Markas Komando Brimob, Depok, Jawa Barat. / Antara Foto

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tito Karnavian tengah berada di Yordania saat terjadi kerusuhan di Mako Brimob. (Presiden: Rakyat & Negara tidak pernah takut pada aksi teror di Mako Brimob)

Pada Kamis malam (10/5), Kapolri Tito Karnavian akhirnya menjelaskan kronoligi selengkapnya terkait kerusuhan di Rumah Tahanan teroris Markas Komando Brimob, Depok, Jawa Barat. (Breaking News: Rutan teroris di Mako Brimob rusuh)

Kejadian yang berlangsung tiga hari berturut-turut itu melewati jalan yang panjang dengan banyak pertimbangan. Meski begitu, kejadian penyanderaan berhasil ditangani dalam kurun waktu 40 jam. (Drama 40 jam pendudukan napi teroris berakhir)

Tito mengaku sudah mendapatkan informasi adanya kerusuhan ini sejak Selasa (8/5) ketika masih bertugas di Yordania sebagai pembicara pada sebuah acara di sana. Meskipun demikian, dia tetap melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Dia pun menyerahkan kepemimpinananya kepada Wakapolri Komjen Syafruddin.

"Saya melakukan koordinasi dengan Kadensus anti teror 88, Irjen Syafei. Juga dengan Dankor Brimob dan Wadankor Brimob yang saat itu ada di lokasi. Kemudian saya juga menyampaikan kepada Wakapolri untuk memimpin langsung, didampingi oleh Kapolda Metro Jaya, Kabareskrim, Kabig, dan lain-lain," ujar Tito di halaman Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.