Mahfud: Lima tahun ini dunia internasional tak persoalkan karhutla

Sejak 2016 hingga sekarang karhutla sudah teratasi.

Menko Polhukam Mahfud MD saat memberikan keterangan pers/Foto Alinea.id/Akbar Ridwan.

Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) menggelar rapat koordinasi khusus (rakorsus) terkait antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 2021.

Hadir langsung di acara tersebut, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengklaim, selama Joko Widodo (Jokowi) menjabat presiden, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia hanya ramai tahun pertama saja. Padahal, karhutla selama masa Orde Baru kerap menimbulkan keributan berskala internasional.

“Sampai terakhir keributan itu terjadi pada tahun 2015. Ketika tahun pertama Pak Jokowi jadi presiden, protes dari berbagai negara tetangga. Tetapi sejak tahun 2016 hingga sekarang, semua sudah teratasi,” ucapnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/2).

“Saudara-saudara juga bisa melihat tidak pihak luar negeri mengkritik pemerintah Indonesia, memprotes karena kebakaran hutan. Lima tahun ini dunia internasional tidak pernah mempersoalkan, itu lagi,” lanjutnya.

Ia mengklaim, persoalan karhutla dapat dituntaskan sejak Presiden Jokowi memimpin langsung proses penanggulangan melalui pembentukan Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan. Kemudian, menunjuk Menko Polhukam sebagai koordinator penanganan karhutla.