Mahfud MD bertemu parlemen Selandia Baru bahas kasus HAM Papua

Empat anggota parlemen Selandia Baru menemui Mahfud MD untuk membahas isu Hak Asasi Manusia (HAM) di tanah Papua.

Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. / Antara Foto

Empat anggota parlemen Selandia Baru menyambangi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/11). Mereka adalah Kanwaljit Singh, Gregg O'Connor, Tim Mclndoe, dan Melissa Lee.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, keempatnya menemui Menko Polhukam Mahfud MD guna membahas isu berkaitan dengan politik, hukum dan keamanan. Utamanya mengenai isu Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di Indonesia.

"Kemudian secara spesifik juga dijelaskan masalah Papua dan komitmen Indonesia untuk selesaikan berbagai masalah HAM dan masa lalu," kata Tantowi saat mendapingi anggota parlemen Selandia Baru di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat.

Bagi Tantowi, sebagai salah satu negara maju, masalah HAM selalu menjadi suatu hal yang sangat penting di Selandia Baru. Oleh sebab itu, Selandia Baru ingin urusan HAM di negara-negara lain juga dapat dianggap sebagai hal yang penting guna diselesaikan.

Tantowi membantah jika Selandia Baru mendukung Papua merdeka. Selandia Baru, kata Tantowi hanya mendukung kedaulatan Tanah Air, mereka sangat menghormati teritorial Indonesia dari Sabang hingga Merauke.