Mendagri rilis radiogram coronavirus untuk kepala daerah

Isinya merupakan tindak lanjut hasil rapat kabinet.

Mendagri, Tito Karnavian (tengah), memeriksa pasukan saat Upacara Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas di Mataram, NTB, Selasa (3/3/2020). Foto Antara/Ahmad Subaidi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menerbitkan radiogram kepada para kepala daerah terkait coronavirus (Covid-19). Itu sebagai tindak lanjut hasil rapat kabinet.

Arahan pertama Radiogram Nomor 443.1/21.30/SJ tertanggal 4 Maret 2020, kepala daerah diminta meningkatkan pencegahan-kontrol infeksi dan antisipasi penyebaran lanjutan. Kepada petugas kesehatan, pengunjung, dan pasien lainnya.

"Guna mengurangi transmisi, pemda (pemerintah daerah) harus menyusun strategi khusus. Agar pencegahan virus tidak menimbulkan dampak destruktif kepada aspek lainnya. Seperti sosial dan ekonomi," pesan Tito seperti dikutip dari radiogramnya di Jakarta, Kamis (5/3).

Dirinya juga meminta kepala daerah menyosialisasikan pencegahan Covid-19. "Termasuk tentang pola hidup sehat, olahraga, makan makanan bergizi, cuci tangan, dan lain-lain," tambah dia. Sehingga, publik mendapat informasi cukup terkait penanganannya secara transparan, responsif, dan konsisten.

Kedua, kepala daerah mesti mengimbau masyarakat tenang, tidak bereaksi berlebihan, serta membatasi publikasi yang tak perlu dan dapat menimbulkan kepanikan.