Mendagri serukan lawan racun demokrasi

Tim sukses Capres-Cawapres harus lebih mengedepankan adu konsep dan gagasan dalam berkampanye. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo./AntaraFoto

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyerukan agar masyarakat dan peserta Pemilu melawan racun demokrasi dalam ajang pesta demokrasi 2019. 

"Satu yang namanya politik uang, kedua mari kita lawan kampanye Caleg ataupun tim sukses yang berujar kebencian, fitnah, sara. Hal itu harus kita lawan karena itu merupakan racun demokrasi," katanya di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, Jumat (23/11). 

Selain itu, dia pun mengharapkan agar partisipasi pemilih meningkat. Sesuai dengan target Komisi Pemilihan Umum (KPU) yaitu sebanyak 78%. Itulah sebabnya tim sukses Capres-Cawapres harus lebih mengedepankan adu konsep dan gagasan dalam berkampanye. 

Menurutnya, setiap orang boleh mengkampanyekan program yang sedang dan akan dikerjakan Jokowi-Jusuf Kalla.  Baik berupa keberhasilan, saran maupun kritik terhadap program-program yang telah dijalankan. 

Selain menyerukan untuk melawan racun demokrasi, Tjahjo juga mengajak agar setiap pihak memahami area rawan korupsi. Termasuk mark up berbagai macam proyek harus dicermati oleh pemda.