Menteri-menteri Presiden Jokowi yang diusulkan diganti

Selain tiga menteri yang sedang terseret kasus korupsi, sejumlah menteri di bidang ekonomi diusulkan untuk diganti.

Sejumlah menteri diusulkan untuk diganti./Antara Foto

Usulan agar Presiden Joko Widodo mengocok ulang susunan Kabinet Kerja disuarakan banyak pihak. Sejumlah pengamat mendorong agar Presiden Jokowi melengserkan menterinya yang terindikasi terkait kasus korupsi. Langkah itu untuk mewujudkan Kabinet Kerja yang bersih.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai, menteri-menteri yang berkasus hukum lebih baik diganti. Apabila semangat Presiden Jokowi ingin menciptakan kabinet yang bersih di mata publik. 

Menurut Ujang, Indonesia seharusnya belajar budaya malu dari Jepang yang bila ada menteri terindikasi korupsi, langsung meminta maaf dan mengundurkan diri atau meminta reshuffle

Saat ini ada tiga menteri Kabinet Kerja yang diduga terkait kasus korupsi. Mereka adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang terindikasi terlibat dalam kasus korupsi dana hibah KONI. 

Selanjutnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam kasus dugaan jual beli jabatan di kementeriannya. Kemudian, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yang diduga terlibat kasus dugaan suap anggota DPR dari Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso.