Pak Anies, kenapa enggak tugu kucing atau burung saja? 

Tugu Sepeda yang dibangun Pemprov DKI di kawasan Sudirman menuai kritik.

Ilustrasi Tugu Sepeda. Alinea.id/Oky Diaz

Dua pekerja tampak sibuk menata keramik di bagian dasar Tugu Sepeda berbentuk cakram berukuran raksasa di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (14/4) siang itu. Di luar lokasi proyek itu, sejumlah sepeda lipat berjejer rapi.

"Sebentar lagi rampung. Hari ini, kami tinggal memasang keramik di bagian pijakan cakram," kata seorang pekerja saat berbincang dengan Alinea.id.

Tugu Sepeda itu terletak di pertigaan Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Setiabudi Raya, tak jauh dari Stasiun MRT Setiabudi. Di dalam lingkaran besar tugu itu, terdapat tujuh lingkaran dengan ukuran bervariasi.

Pada lingkaran-lingkaran kecil, terdapat simbol-simbol beragam tugu di DKI Jakarta, semisal Monumen Nasional (Monas), Tugu Pancoran, dan Tugu Tani. "Kerangka cakramnya dari baja," ujar pekerja yang enggan membeberkan namanya itu.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, pembangunan Tugu Sepeda didanai corporate social responsibility (CSR) yang diterima Pemerintah Provinsi DKI.