Pakar: Pansel capim KPK tak punya rekam jejak anti korupsi

Nama-nama panitia seleksi calon pimpinan KPK masih jauh dari kata ideal.

Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarief, memberikan pernyataan kepada media. Antara Foto

Peneliti Pusat Studi Demokrasi dan Partai Politik, Dedi Kurnia Syah, nama-nama yang masuk dalam panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mempunyai rekam jejek anti korupsi. Nama-nama yang ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai panitia seleksi itu masih jauh dari harapan publik.

“Nama-nama yang tercatat dalam pansel menurut hemat saya bukan tokoh yang sejauh ini punya rekam jejak anti-korupsi,” kata Dedi kepada Alinea.id di Jakarta, Senin (20/5). 

Menurut Dedi, nama-nama panitia seleksi tersebut masih jauh dari kata ideal. Jika tak punya rekam jejak anti korupsi, nama-nama yang terdaftar sebagai pansel capim KPK seharusnya beranggotakan tokoh yang independen.

“Paling tidak harus independen dan itu hanya bisa dicapai jika pemilihan pansel terbuka, juga memiliki rekam jejak yang baik, baik sebagai aktivis maupun pemikir anti-korupsi,” ujarnya. 

Menurut Dedi, penetapan panitia seleksi merupakan tahapan yang paling dan fundamental dalam memilih pimpinan KPK. Baik buruknya hasil seleksi, kata dia, bisa diihat dari komitmen pansel. Namun, dengan komposisi yang ada saat ini, Dedi merasa Indonesia sulit memenuhi target dalam meningkatkan Corruption Perception Index (CPI).