Pejabat DJKA terjerat korupsi pembangunan rel, Kemenhub bakal intensifikan audit

Perkara itu menjerat sejumlah pegawai di lingkungan Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dok: Kemenhub.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, angkat bicara soal kasus korupsi terkait proyek perkeretaapian Tahun Anggaran 2018-2022. Perkara itu menjerat sejumlah pegawai di lingkungan Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Budi menyampaikan keprihatinannya atas dugaan suap pembangunan dan pemeliharaan jalur kereta api yang melibatkan anak buahnya. Pengusutan kasus ini bakal diserahkan sepenuhnya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami sampaikan permohonan maaf atas kejadian ini, dan akan menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada pihak yang berwenang," kata Budi dalam keterangan resmi, Kamis (13/4).

Budi bilang, koordinasi dengan lembaga antikorupsi bakal dilakukan untuk mendukung penanganan kasus ini hingga tuntas. "Kami siap bekerja sama serta mendukung KPK dan pihak terkait lainnya untuk menuntaskan kasus ini."

Ditegaskan Budi, pihaknya tidak mentolerir tindakan yang bertentangan dengan upaya pemberantasan korupsi. Selain itu, ia juga memastikan akan menindak tegas jajarannya yang melakukan pelanggaran.