PKS dukung pembentukan Pansus Jiwasraya

Pansus layak dibentuk karena kasus tersebut menyebabkan kerugian negara yang sangat besar, yaitu sekitar Rp13,7 triliun. 

Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta, Rabu (11/12/2019). Foto Antara/Galih Pradipta

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menyatakan partainya mendukung pembentukan panitia khusus atau pansus, untuk mengungkap persoalan yang terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang menyebabkan perusahaan gagal bayar atau default atas polis produk JS Saving Plan senilai Rp12,4 triliun. Menurutnya, pansus layak dibentuk karena kasus tersebut menyebabkan kerugian negara yang sangat besar, yaitu sekitar Rp13,7 triliun. 

"PKS setuju dan sangat mendukung, bahkan sudah dua hari ini Ketua Fraksi PKS menyampaikan setuju, sekaligus mendukung pembentukan Pansus Jiwasraya Gate," kata Hidayat di kompleks Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (30/12).

Dia mengatakan, pembentukan pansus diperlukan untuk mengungkap apa yang terjadi pada perusahaan pelat merah tersebut. Selain menyebabkan kerugian pada keuangan negara yang sangat besar, 5 juta orang nasabah juga dirugikan dalam kasus ini.

Hidayat yang juga Wakil Ketua MPR RI mengatakan, kasus Jiwasraya harus dibongkar hingga tuntas. Menurutnya, pembentukan pansus penting untuk mengungkap sisi lain dalam perkara tersebut, seiring dengan proses hukum yang tengah berlangsung di Kejaksaan Agung.

"Kalau hanya melalui pendekatan hukum itu sisi-sisi yang lebih dalamnya tidak bisa diangkat, karena mungkin hanya formalitas siapa salah. Mengapa bersalah? Tidak akan diungkap di sana," ujarnya.