Polisi tangkap tersangka penipuan pada Putri Raja Arab

Polisi masih mencari seorang tersangka lain dalam kasus ini.

Polisi menggiring sejumlah tersangka pelaku kejahatan hasil tangkapan selama dua pekan saat gelar kasus di Polresta Kediri, Jawa Timur, Jumat (17/1/2020). Foto Antara/Prasetia Fauzani

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menangkap seorang pelaku penipuan pembelian tanah dan vila terhadap putri Raja Arab Faisal, Lolowah binti Mohammed bin Abdullah Al-Saud. Seorang tersangka yang ditangkap adalah Eka alias EAH, yang diringkus polisi hari ini.

"Dari dua tersangka ini, tersangka EAH sudah ditangkap dan ditahan hari ini," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian atau PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (29/1).

Ada dua orang tersangka yang telah ditetapkan polisi dalam kasus ini. Selain EAH, tersangka lain adalah Evie alias EMC. Menurut Asep, tersangka EMC masih dalam pencarian aparat kepolisian.

Selain menangkap seorang tersangka, penyidik juga telah memeriksa 24 saksi untuk mengungkap kasus ini. Para saksi berasal dari pihak arsitek vila, aparatur desa, manager tanah, pelapor, pemilik dan penyewa tanah, kontraktor, dan Badan Pertanahan Nasional atau BPN.

Menurut Asep, penyidik telah menyita sejumlah barang bukti terkait kasus ini. Penyidik juga melakukan pemblokiran terhadap rekening tersangka yang disita.