Presiden Jokowi lantik Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial

Pelantikan Agus Gumiwang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Presiden Joko Widodo melantik Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri. (twitter.com/setkabgoid)

Politisi Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, resmi dilantik sebagai Menteri Sosial. Agus menggantikan posisi Idrus Marham, yang menyampaikan pengunduran diri dari posisinya terhitung hari ini, Jumat (24/8).

Presiden Joko Widodo melantik secara resmi Agus Gumiwang di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 148 P Tahun 2018, Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja 2014-2019.

"Memberhentikan dengan hormat Idrus Marham sebagai Menteri Sosial, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada negara selama memangku jabatan tersebut," demikian bunyi surat Keputusan Presiden yang dibacakan saat upacara pelantikan.

Surat tersebut juga menyatakan keputusan pengangkatan Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial. Agus dipandu langsung oleh Presiden Jokowi saat pembacaan sumpah. 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945, dan saya akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Agus mengikuti Jokowi.