PTM, Reisa minta tumbuh kembang anak tetap diperhatikan

Reisa jelaskan alasan pemerintah izinkan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro/Foto covid19.go.id

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 sekaligus Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro meminta pemerintah tetap memperhatikan tumbuh kembang anak selama pembelajaran tatap muka (PTM).

“Tentunya semua yang di prioritaskan itu merupakan kesehatan dan keselamatannya persyaratan utamanya. Namun, kita juga tetap memperhatikan apa yang namanya tumbuh kembang dan hak anak selama pandemi Covid-19,” ucap dr. Reisa via YouTube RRI Net Official pada Senin (6/9/2021).

Reisa kemudian menjelaskan alasan pemerintah untuk mengizinkan pembelajaran tatap muka secara terbatas sejak pekan lalu. Menurutnya, keputusan ini tidak dengan mudah dibuat begitu saja tanpa adanya berbagai pertimbangan.

“Tentunya ini enggak serta merta begitu saja ya terjadi, ini perbincangan sejak sudah dari awal tahun lalu sudah ada SKB Kementerian di bulan April pertama kali waktu itu. Jadi, pemerintah ini senantiasa mengkaji kebijakan pembelajaran pada masa pandemi sesuai dengan perkembangan pandemi dan kebutuhan pembelajaran,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, keputusan ini diambil berlandaskan hasil survei dimana pembelajaran jarak jauh membuat para peserta didik mengalami learning loss.