Strategi Anies Baswedan atasi banjir di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan banjir yang merendam sejumlah titik di Ibu kota disebabkan banjir kiriman dari hulu Ciliwung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan banjir yang merendam sejumlah titik di Ibu kota disebabkan banjir kiriman dari hulu Sungai Ciliwung, Bogor, Jawa Barat. / Facebook Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan banjir yang merendam sejumlah titik di Ibu kota disebabkan banjir kiriman dari hulu Sungai Ciliwung, Bogor, Jawa Barat.

Dengan demikian, ia memperkirakan masalah klasik "banjir kiriman" dari Bogor akan selesai ketika dua proyek bendungan di Sukamahi dan Ciawi rampung dibangun pemerintah pusat.

"Saat ini, sebelum (dua waduk) itu selesai, air masih begitu saja datang. Padahal, Jakarta memang hujan, tapi tidak ada hujan yang luar biasa disini," ujar Anies di kawasan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4).

Pembangunan bendungan Sukamahi dan Ciawi mulai dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak September 2017. Kedua proyek ini dikerjakan oleh dua kontraktor yamg berbeda. 

Kontrak Bendungan Ciawi yang ditandatangani pada 23 November 2016, digarap oleh SNVT PJSA Ciliwung Cisadane dan Abipraya-Sacna KSO.