Strategi pemerintah pangkas 441.148 eselon di seluruh Indonesia

Terdapat 98.947 orang pejabat eselon III, 327.771 eselon IV, dan 14.430 eselon V yang terdampak kebijakan ini.

Ilustrasi PNS../ Foto: bkn5jakarta.net

Pemerintah telah menyiapkan strategi untuk memuluskan penyederhanaan birokrasi di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Ada tiga langkah yang akan dilakukan untuk memangkas total 441.148 pejabat eselon III, IV, dan V, yang berada di seluruh Indonesia.

Berdasarkan bagan tindaklanjut arahan Presiden oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tiga langkah yang akan dilakukan adalah penataan organisasi, penataan jabatan fungsional, dan transformasi jabatan.

Upaya penataan organisasi dilakukan dengan menyusun peraturan perundang-undangan untuk penataan organisasi, melaksanakan transformasi/penataan organisasi, serta melakukan peralihan jabatan struktural ke fungsional.

Penataan jabatan fungsional dilakukan dengan menyesuaikan regulasi tentang jabatan fungsional yang komprehensif. Nantinya, terdapat beberapa kelas jabatan dalam satu jenjang.

Adapun langkah transformasi jabatan dilakukan dengan menyusun peraturan perundang-undangan penyederhanaan birokrasi, memetakan jabatan dan pejabat struktural yang terkena dampak, serta memetakan jabatan fungsional yang dapat dan dibutuhkan, untuk menampung peralihan jabatan.