Sumpah Pemuda, mahasiswa bakal demo tagih Jokowi Perppu KPK

Tuntutan mahasiswa masih sama, yakni meminta Presiden Jokowi menerbitkan Perppu KPK.

Sejumlah mahasiswa berunjuk rasa di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (17/10/2019). Massa pengunjuk rasa menuntut Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu terkait Undang-undang KPK. Antara Foto

Memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Senin, 28 Oktober 2019, mahasiswa memastikan akan menggelar aksi turun ke jalan atau demonstrasi. Salah satu pihak kampus yang bakal aksi yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Ketua BEM UNJ,  Muhammad Abdul Basit, mengatakan pihaknya bakal melakukan aksi unjuk rasa pada, Senin (28/10). Kendati demikian, dia belum bisa memastikan BEM Seluruh Indonesia (SI) juga akan ambil bagian dalam momentum Sumpah Pemuda tersebut. Abbas, demikian akrab disapa, menyampaikan sampai hari ini BEM SI masih memusyawarahkannya.

“Tapi, kalau misalkan terkait kampus sendiri, dari UNJ akan ada gerakan. Kalau misalkan terkait tanggal 28 (Oktober), karena itu momentum dari tahun ke tahun kita bakal terus hangatkan,” kata Abbas kepada Alinea.id di Jakarta, Minggu (27/10).

Abbas menuturkan, pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait teknis aksi di lapangan nantinya. Sebab, pihaknya baru akan konsolidasi pada malam ini. “Kalau untuk aksinya, fix-sasi nya hari ini. Nanti malam kita baru kumpul untuk metodenya seperti apa,” ujar Abbas.

Ketika ditanya soal tuntutan mereka pada aksi esok, Abbas menambahkan, masih sama seperti sebelumnya, yakni meminta Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK).