Terjadi pergeseran daerah rawan di kampanye terbuka Pilpres 2019

Jakarta dominasi daerah rawan saat kampanye terbuka.

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) didampingi oleh istrinya Iriana Joko Widodo (kanan) menyapa pendukungnya di acara kampanye terbuka di Lapangan Ahmad Kirang, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/03)./ Antara Foto

Mabes Polri telah memetakan daerah rawan dalam pelaksanaan kampanye terbuka Pilpres 2019. Namun terjadi pergeseran dalam daftar ini.

Dalam indeks kerawanan yang disusun pihak Mabes Polri, terdapat 10 daerah dengan tingkat kerawanan tinggi saat kampanye terbuka yang akan dilaksanakan pada 24 Maret-13 April 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, terjadi sedikit pergeseran dalam indeks tersebut. Jika sebelumnya wilayah Papua kerap mendominasi daftar daerah rawan, kali ini justru kerawanan paling banyak berada di Jakarta.

Dalam daftar tingkat kerawanan di wilayah kabupaten/kota, ada tiga wilayah Jakarta yang terhimpun di dalamnya. 

“Saat ini pada kampanye terbuka, ini ranking satu justru di Tanggerang Selatan, Jakarta Utara, Pidie Raya, Banggai, Donggala, Jakarta Barat, Mentawai, Kabupaten Tanah Datar, Jakarta Timur, dan Jogja,” ujar Dedi di Humas Polri, Jumat (29/3).