Tingkat kepercayaan publik ke Polri mencapai 76,4%.

Tingkat kepercayaan terhadap Polri naik 10,8% untuk kategori sangat percaya dan 65,6% untuk pilihan cukup percaya.

Ilustrasi. Foto Alinea

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menemukan, tingkat kepercayaan publik ke Polri mencapai 76,4%. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada 20-24 Juni 2023.

Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan, tingkat kepercayaan terhadap Polri naik 10,8% untuk kategori sangat percaya dan 65,6% untuk pilihan cukup percaya.

"Jadi yang percaya terhadap polisi di bulan Juni 2023 itu sudah mencapai 76,4% yang mengatakan sangat percaya 10,8%. Kita gabung dengan mengatakan cukup percaya," ujar Burhanuddin, Minggu (2/7).

Sementara, pada survei yang mereka lakukan di Agustus 2022, kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara berada di angka 54%. Angka itu terjun bebas pascaadanya kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang dilakukan eks-Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Ferdy Sambo.

"Saat itu, kurang lebih sebulan setelah Sambo membetot perhatian publik itu kita sampaikan itulah trust paling rendah polisi kita umumkan saat itu," ujarnya.