Pesan Tito Karnavian ke gubernur: Bikin perda harus berasas Pancasila

Seorang gubernur harus menanamkan ideologi Pancasila di setiap kesempatan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat mengikuti rapat kerja dengan Komite I DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Antara Foto

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, memperingatkan kepada para gubernur di seluruh Indonesia untuk membuat regulasi semacam peraturan daerah atau perda yang harus berasaskan ideologi Pancasila.

Demikian pesan tersebut disampaikan bekas Kepala Kepolisian Republik Indonesia itu dalam kegiatan Musyawarah Nasional atau Munas Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). 

Tito menuturkan, seorang gubernur harus menanamkan ideologi Pancasila di setiap kesempatan. Misalnya, dalam mengikuti kegiatan apel, acara formal, dan kegiatan daerah lainnya agar terus menggaungkan ideologi Pancasila serta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Ideologi hanya bisa dikalahkan dengan ideologi. Jadi, ideologi yang bisa kita ambil untuk mengalahkan ideologi yang mungkin bisa membahayakan negara ini ya Pancasila. Ini akan mereduksi dan tidak memberi ruang kepada ideologi lain masuk,” kata Tito Karnavian di Jakarta Selasa (26/11).

Tito menuturkan, di era demokratisasi sekarang ini, ketahanan ideologi menjadi tantangan tersendiri. Sebab, begitu terbuka ruang kebebasan berserikat dan berkumpul sekaligus menyampaikan pendapat. Hal tersebut bisa member ruang masuk untuk ideologi-ideologi tertentu.