Tito: Vaksinasi memikat wisatawan dan pulihkan ekonomi Bali

Kartu atau sertifikat tanda telah divaksinasi bisa dibuat dalam bahasa Inggris.

Pengendara motor melintas di depan mural Lawan Corona di Jalan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (26/3). Foto Antara/Moch Asim

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, berharap, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat membangkitkan perekonomian Bali. Sebagai daerah yang mengandalkan sektor pariwisata, pandemi telah memukul pendapatan.

"Mudah-mudahan semuanya sukses, Bali menjadi aman, dan pariwisata menjadi hidup lagi, ekonomi hidup kembali,” ucapnya saat kunjungan kerja ke Bali, Selasa (23/3).

Vaksin Covid-19, kata dia, dapat memunculkan kekebalan kelompok (herd immunity) dalam menghadapi pandemi. Maka, disebutnya dapat menjadi upaya dalam memikat wisatawan dan memulihkan perekonomian. Di sisi lain, juga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kita harus memiliki SOP (prosedur operasi standar) yang kuat dan meyakinkan bahwa negara ini lokal transmisinya rendah, mungkin diawali dengan daerah green zone, setiap orang yang masuk harus sehat, zero transmission, bagaimana caranya? Sekarang, ya vaksinasi," tutur Tito.

Dia mengusulkan, kartu ataupun sertifikat tanda telah divaksinasi bisa dibuat dalam bahasa Inggris. Serta, dilengkapi dengan barcode agar tak rentan dipalsukan.