Transaksi janggal Rp300 T, Mahfud MD lebih dipercaya daripada Komisi III DPR

Kejagung pun didorong untuk mengusut dugaan penyimpangan pajak dan impor pakaian asal China.

Menko Polhukam, Mahfud MD, lebih dipercaya daripada Komisi III DPR dalam isu transaksi janggal Rp300 T di Kemenkeu. Foto Antara/M. Adimaja

Paparan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, soal aliran dana mencurigakan Rp300 triliun di Kementerian Keuangan menjadi atensi publik. Masyarakat pun memuji keberanian eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Hal tersebut terekam dalam survei Indikator Politik Indonesia periode April 2023, yang dipaparkan secara daring, Rabu (19/4). Hasil riset disampaikan Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi.

"Sekitar 37,7% masyarakat tahu tentang aliran dana tidak wajar lebih dari Rp300 triliun di Kemenkeu. Di antara yang tahu, mayoritas percaya (73,8%) dan mayoritas tidak setuju dengan pandangan bahwa informasi tersebut sebaiknya tidak disampaikan kepada publik (61%)," ungkapnya.

Saking tingginya apresiasi itu, masyarakat pun lebih mendukung Mahfud MD daripada Komisi III DPR. Mahfud memaparkan lebih detail tentang transaksi janggal itu melalui rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi Hukum beberapa waktu lalu.

"Di antara yang tahu dan mengikuti berita tentang RDP antara Menko Polhukam dengan DPR, mayoritas lebih percaya dengan apa yang disampaikan oleh Mahfud MD. Angkanya mencapai 77,6%," ucapnya Burhanuddin.