Wahyu Setiawan: Saya punya iktikad baik

Para petinggi KPU dan Bawaslu hadir dalam sidang etik DKPP terhadap Wahyu Setiawan.

Plt Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Muhammad bersama anggota DKPP Ida Budhiati dan Teguh Prasetyo meninggalkan gedung KPK seusai berkoordinasi dengan KPK di Jakarta, Rabu (15/1/2020). Foto Antara/Hafidz Mubarak A.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan berjanji akan menjelaskan detail perkara yang menjeratnya dalam sidang etik Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu atau DKPP. Wahyu terjerat dalam kasus suap penetapan anggota DPR RI periode 2019-2024 dari PDIP yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Intinya saya menghormati DKPP. Saya punya niat baik untuk menjelaskan terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik, tentu itu saya punya iktikad baik," ucap Wahyu di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (15/1).

Sidang etik Wahyu Setiawan awalnya dijadwalkan berlangsung di Gedung DKPP di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. Namun karena alasan keamanan, KPK dan DKPP sepakat menggelar sidang di gedung lembaga antikorupsi.

Sejumlah petinggi KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tampak menyambangi Gedung KPK. Petinggi KPU yang datang ialah Arief Budiman, Hasyim Asy'ari, Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, Evi Novida Ginting Manik, dan Viryan Aziz.

"Kami dihadirkan sebagai pihak terkait," kata Ketua KPU Arief Budiman.