Wali Kota Jakarta Utara yang baru diperintahkan kawal pembangunan JIS

Gubernur Anies Baswedan melantik Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko hari ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjukkan media informasi moda transportasi publik yang dia luncurkan di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/8)./ Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi melantik Sigit Wijatmoko sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Anies meminta Sigit mengawasi sejumlah proyek strategis di wilayah kerjanya, salah satunya pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang akan menjadi markas klub sepak bola Ibu Kota, Persija Jakarta.

“Kita memiliki proyek yang masih berjalan, mulai dari pembangunan ITF (sistem pengelolaan sampah Intermediate Treatment Facility), pembangunan stadion, yang itu semua membutuhkan pantauan kontak dari seluruh jajaran, khususnya Wali Kota Jakarta Utara,” kata Anies saat acara pelantikan Sigit di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (3/9).

Sigit sebelumnya menjabat sebagai wakil kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Ia menggantikan Syamsuddin Lologau yang telah pensiun per 1 September 2019.

Pembangunan JIS yang dikomandoi oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro), akan dilakukan oleh dua konsorsium. KSO pertama terdiri dari PT Wijaya Karya Pembangunan Gedung Tbk. (WEGE), PT Jaya Konstruksi, dan PT PP (Persero) Tbk. (PTPP). Sementara KSO kedua adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI), PT Hutama Karya, PT Nindya Karya, dan PT Indah Karya.

Proyek yang akan menyedot anggaran senilai Rp4,5 triliun, ditarget rampung pada akhir 2021 mendatang. Stadion berstandar internasional itu akan berdiri di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dan dapat menampung 82.000 penonton.