Wiranto: Kebakaran hutan dan lahan di Riau tak parah

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengklaim kebakaran hutan dan lahan di riau tak parah.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengklaim kebakaran hutan dan lahan di riau tak parah. Alinea.id/Fadli Mubarok

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengklaim kebakaran hutan dan lahan di riau tak parah.

Dia menkonfirmasi keadaan terkini yang ada di wilayah Riau ihwal Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di lini massa. Ia mengklaim keadaan Riau tidak separah seperti pemberitaan yang beredar.

Klaim tersebut diungkapkan Wiranto pascahasil tinjauannya langsung bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran Menteri Kabinet yang berwenang ihwal urusan bencana alam. Menurutnya, keadaan di Riau masih tergolong normal, merujuk dari jarak pandang yang masih dapat dihalau. Pun tidak mengganggu tranportasi udara seperti pesawat, serta awan-awan masih terlihat.

"Saat saya meninjau dengan Presiden Jokowi antara realitas yang dikabarkan dengan realitas yang ada itu sangat berbeda. Dan ternyata kemarin waktu kita di Riau itu tidak separah yang diberitakan," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (18/9).

Berdasarkan penuturannya, secara rasio titik api sudah mulai menurun. Kendati masih terdapat asap-asap yang muncul, ia berujar telah ada tindakan pemadaman total yang mungkin akan menjadikan keadaan lebih baik.