Yasonna Laoly soal Harun Masiku: Pokoknya belum di Indonesia

Yasonna mengaku tak tahu alasan kepergian Harun Masiku ke luar negeri.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto didampingi Ketua DPP Bidang Hukum, HAM dan Perundang-Undangan Yasonna Laoly saat konpers di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Foto Antara/Dhemas Reviyanto

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menyatakan eks caleg PDIP yang menjadi tersangka kasus suap di Komisi Pemberantaasan Korupsi atau KPK, Harun Masiku, masih berada di luar negeri. Yasonna mengaku tak tahu keberadaan Harun saat ini.

"Pokoknya belum di Indonesia," kata Yasonna usai menghadiri Deklarasi Resolusi Permasyarakatan 2020 di Lapas Narkotika IIA, Jakarta Timur, Kamis (16/1).

Berdasarkan informasi yang dia terima, Harun bertolak ke Singapura pada 6 Januari 2020. Setelah itu, belum ada kabar lain yang diterimanya ihwal keberadaan Harun.

Ketua DPP PDIP bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan itu juga tak dapat menjawab soal alasan Harun Masiku meninggalkan Indonesia. Bagi Yasonna, kepergian Harun ke luar negeri tepat dua hari sebelum KPK melakukan operasi tangkap tangan, tak bisa serta merta dikaitkan dengan operasi senyap tersebut.

"Tanggal 8 kan OTT, tanggal 6 dia sudah di luar. Apa tujuannya di luar, kita tidak tahu. Mungkin dia juga tidak tahu akan di-OTT. Dia memang sudah keluar dari republik ini," kata pria berusia 66 tahun itu.