2 arahan Jokowi setelah pencoretan RI sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20

PSSI akan memastikan transformasi sepak bola di Indonesia bukan wacana, dengan menjalankan negosiasi terhadap FIFA.

Ketum PSSI Erick Thohir, Jumat (28/3/2023). Foto: YouTube Setkab

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, telah menerima dua arahan dari Presiden Joko Widodo selepas pertemuannya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar. Pertemuan keduanya berbuahkan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

Erick mengatakan, instruksi pertama adalah membuat membuat peta biru (blueprint) transformasi sepak bola Indonesia. Kedua, Jokowi meminta Erick untuk berbicara lagi ke Gianni terkait posisi Indonesia sebagai bagian dari Keluarga Besar FIFA

"Sehingga bisa diartikan Presiden (Jokowi) tidak mau kita terkucilkan dari peta persepakbolaan dunia," kata Erick di Istana Negara, Jumat (31/3).

Erick menyebut, ia akan memastikan transformasi sepak bola di Indonesia bukan wacana, dengan menjalankan negosiasi terhadap FIFA. Tentunya negosiasi juga membahas terkait sanksi yang mungkin terjadi setelah pencoretan tersebut.

Kini, Erick menunggu undangan dari FIFA untuk membahas hal-hal tersebut. Sejauh ini FIFA sendiri berencana merapatkan sanksi bagi Indonesia sebelum memanggil Erick.