FIFA tidak akan menambahkan kota tuan rumah untuk Piala Dunia 2026

Ia juga mengharapkan Kanada dan Meksiko menjadi tuan rumah beberapa pertandingan sistem gugur, jika jadwal memungkinkan.

Ilustrasi. Foto Ist

Piala Dunia 2026 yang akan digelar di AS, Kanada dan Meksiko akan diikuti 48 tim, 104 pertandingan. Sebelumnya, Piala Dunia hanya diikuti 32 tim, dan 80 pertandingan. Namun, dengan banyaknya pertandingan itu, FIFA tidak akan menambahkan lebih banyak kota tuan rumah untuk Piala Dunia 2026.

Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko memenangkan tawaran bersama untuk Piala Dunia 2026 pada 2018. Pertandingan akan berlangsung di 16 tempat di 16 kota dari tiga negara. Rencana awalnya adalah Kanada dan Meksiko masing-masing menjadi tuan rumah 10 pertandingan. Presiden Konfederasi Sepak Bola Asosiasi Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF) Victor Montagliani ingin kedua negara mengadakan lebih dari kompetisi tersebut. Namun, keinginan itu tidak disambut FIFA.(cgtn)

"Saya akan berpikir dengan alasan alamiah bahwa kami akan mendapatkan lebih banyak pertandingan di Kanada, lebih banyak pertandingan di Meksiko," kata Victor Montagliani Kamis (15/6). 

"Berapa banyak? Kami tidak tahu. Itu semua tergantung jadwal pertandingan," kata Motagliani yang juga Wakil presiden FIFA itu.

Ia juga mengharapkan Kanada dan Meksiko menjadi tuan rumah beberapa pertandingan sistem gugur, jika jadwal memungkinkan. Dia juga mengungkapkan bahwa Kanada akan memainkan ketiga pertandingan grup mereka di rumah.