close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Foto  Ist
icon caption
Ilustrasi. Foto Ist
Olahraga
Jumat, 16 Juni 2023 17:06

FIFA tidak akan menambahkan kota tuan rumah untuk Piala Dunia 2026

Ia juga mengharapkan Kanada dan Meksiko menjadi tuan rumah beberapa pertandingan sistem gugur, jika jadwal memungkinkan.
swipe

Piala Dunia 2026 yang akan digelar di AS, Kanada dan Meksiko akan diikuti 48 tim, 104 pertandingan. Sebelumnya, Piala Dunia hanya diikuti 32 tim, dan 80 pertandingan. Namun, dengan banyaknya pertandingan itu, FIFA tidak akan menambahkan lebih banyak kota tuan rumah untuk Piala Dunia 2026.

Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko memenangkan tawaran bersama untuk Piala Dunia 2026 pada 2018. Pertandingan akan berlangsung di 16 tempat di 16 kota dari tiga negara. Rencana awalnya adalah Kanada dan Meksiko masing-masing menjadi tuan rumah 10 pertandingan. Presiden Konfederasi Sepak Bola Asosiasi Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF) Victor Montagliani ingin kedua negara mengadakan lebih dari kompetisi tersebut. Namun, keinginan itu tidak disambut FIFA.(cgtn)

"Saya akan berpikir dengan alasan alamiah bahwa kami akan mendapatkan lebih banyak pertandingan di Kanada, lebih banyak pertandingan di Meksiko," kata Victor Montagliani Kamis (15/6). 

"Berapa banyak? Kami tidak tahu. Itu semua tergantung jadwal pertandingan," kata Motagliani yang juga Wakil presiden FIFA itu.

Ia juga mengharapkan Kanada dan Meksiko menjadi tuan rumah beberapa pertandingan sistem gugur, jika jadwal memungkinkan. Dia juga mengungkapkan bahwa Kanada akan memainkan ketiga pertandingan grup mereka di rumah.

Menurut Montagliani, CONCACAF dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) ingin mengumumkan pada musim gugur kota tuan rumah Copa America 2024 di AS. Akan ada total 16 tim yang berpartisipasi dalam turnamen, 10 dari CONMEBOL dan enam dari CONCACAF . Tim-tim CONCACAF akan bersaing untuk maju dari perempat final Nations League 2023-2024 pada November untuk lolos ke Copa America.

Montagliani mengatakan pemilihan kota tuan rumah Copa America akan mirip dengan proses Piala Emas CONCACAF. Meskipun mereka belum menentukan tanggal tertentu, mereka ingin memutuskan sesegera mungkin setelah Piala Emas musim panas ini.

"Kami melakukan ini setiap dua tahun, ada proses tidak hanya dalam hal stadion itu sendiri, tetapi juga rute pertandingan sangat penting," kata Montagliani. "Itu harus dipertimbangkan. Ukuran tempat, berapa banyak pertandingan, tim seperti apa yang bermain, apakah akan menggunakan semua stadion NFL atau kita akan melakukan campuran seperti yang kita lakukan untuk Piala Emas? Jadi bahwa semua harus ditata terlebih dahulu, dari sebuah yayasan, kemudian kita masuk ke proses itu dengan tempat itu sendiri."

"Kami sudah memiliki banyak minat, stadion jelas tertarik, banyak dari mereka adalah stadion yang kami gunakan di Piala Emas, jadi mereka akrab dengan kami, yang memberi CONMEBOL tingkat kenyamanan yang tinggi, jelas dengan kami mengelola proses ini," tambahnya.

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan