Harapan Komnas HAM soal pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan: Cerminkan semangat perubahan 

Stadion Kanjuruhan diharapkan tidak hanya dibangun ulang dan difungsikan sebagai sarana olahraga semata.

Stadion Kanjuruhan, yang menjadi markas Arema FC, di Kabupaten Malang, Jatim. Wikipedia/Nur Cholis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), akan dirobohkan. Stadion bakal dibangun kembali agar sesuai standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Komnas HAM berharap, pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan dapat mencerminkan semangat perubahan. Hal itu disampaikan Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam kepada wartawan di kantornya, Rabu (19/10).

"Ada komitmen dari Pak Presiden Jokowi untuk membangun kembali Stadion Kanjuruhan. Kami berharap, stadion itu mencerminkan satu spirit perubahan yang bergerak dari harapan korban, semua suporter, dan insan sepak bola secara keseluruhan," tutur Anam.

Anam berpendapat, Stadion Kanjuruhan jangan hanya dibangun ulang dan difungsikan sebagai sarana olahraga semata. Namun, menurutnya, desain baru Stadion Kanjuruhan juga harus merefleksikan harapan dan semangat para korban tragedi Kanjuruhan.

"Jadi, tidak semata-mata sebagai satu gedung untuk satu perhelatan olahraga, tapi sebagai satu gedung yang mencerminkan spirit perubahan. Spirit dari para korban dan spirit dari semua doa-doa agar sepak bola kita menjadi lebih baik," ucap dia.