Jangan cuma Eropa, sekali-kali tengok kualifikasi Piala Dunia zona Oseania

Hanya dengan berkeringat enam laga, sebuah negara OFC akan mengukir nama di Qatar 2022.

Selandia menyapu bersih angka, dengan selisih +11 gol, untuk memuncaki klasemen akhir. Foto Stuff.nz.co

Pertandingan kualifikasi OFC (Konfederasi Oseania) untuk Piala Dunia memasuki laga semifinal. Empat semifinalis, Solomon Islands versus Papua Nugini dan Selandia Baru bertemu Tahiti, akan bertanding, Minggu (27/3) malam hingga dini hari WIB.

Karena pandemi COVID-19 di Oseania, kualifikasi diadakan sebagai turnamen terpusat di Qatar dari 17 hingga 30 Maret 2022. OFC selalu dianaktirikan FIFA dibandingkan lima konfederasi sepak bola lain.

Tapi para peserta dari konfederasi ini pula yang paling sedikit memainkan pertandingan untuk tampil di putaran final Piala Dunia. Hanya dengan berkeringat enam laga, sebuah negara OFC akan mengukir nama di Qatar 2022.

Hanya 0,5 slot ke turnamen final tersedia untuk tim OFC, yang berarti satu slot play-off antar-konfederasi. Tidak ada jatah lolos langsung ke Qatar 2022. Blantika sepak bola Oseania sering dianggap paling terbelakang di dunia.

Kualifikasi OFC edisi kali ini uniknya cuma diikuti enam negara peserta. Grup A semestinya dihuni empat kesebelasan, tapi akhirnya yang bertanding hanya Solomon Islands dan Tahiti. Sementara Vanuatu dan Cook Islands terpaksa mundur karena kedua skuad itu diserang wabah COVID-19.