Jepang itu Samurai Biru sejati

Di fase grup, Samurai Biru entah bagaimana menampilkan sepak bola yang mengesankan dalam kemenangan bersejarah atas Jerman dan Spanyol.

Striker Jepang, Ayase Ueda, menendang voli dibayangi Thet Hein Soe (Myanmar) di Pra-Piala Dunia 2026. Foto Koji Watanabe-Getty Images

Fakta-fakta Piala Dunia 2022 yang aneh bin ajaib mengenai Jepang tahun lalu mungkin membuat orang percaya bahwa kesuksesan tim tersebut sebagian besar hanya sebuah kebetulan.

Di fase grup, Samurai Biru entah bagaimana menampilkan sepak bola yang mengesankan dalam kemenangan bersejarah atas Jerman dan Spanyol. Tapi disusul kekalahan yang tidak bisa dijelaskan dari Kosta Rika.

Di babak 16 besar, Jepang akhirnya tampil sempurna, hanya untuk kalah adu penalti dari Kroasia yang menjemukan. Satu perjalanan yang istimewa, mungkin yang paling menghibur sepanjang turnamen, tapi itu bukanlah hal yang membuat Anda membayangkan hal-hal yang lebih besar di masa depan Jepang. Namun, jika dilihat dari permainan tim nasional Jepang dan banyaknya pemain Jepang di level klub, tidak diragukan lagi bahwa Samurai Biru memang mapan.

Jalan panjang Jepang menuju Piala Dunia 2026 dimulai pada hari Kamis (16/11), dalam pertandingan kandang ronde kedua zona AFC di Panasonic Stadium, Suita, Osaka. Bertanding melawan Myanmar, Jepang tak kesulitan dengan singkat menggasak tim FIFA di peringkat 158 dunia. Jepang menikmati 83 persen penguasaan bola, melakukan 31 tembakan berbanding nol bagi Myanmar, dan mencetak lima gol, tiga diantaranya dicetak oleh striker Ayase Ueda.

Dua gol menjadi contoh kelas Jepang dan keburukan Myanmar. Keduanya menampilkan assist yang sangat keren, serta serangan tanpa hambatan di belakang lini pertahanan Myanmar yang parkir padat namun rawan pelanggaran: