Menpora pilih UPI jadi lokasi pelaksanaan DBON

"Untuk start awal implementasi DBON, UPI sudah memenuhi standar," ucap Menpora, Zainudin Amali.

Menpora, Zainudin Amali (kiri), memberikan sambutan dalam acara penetapan UPI sebagai salah satu sentra pelaksanaan DBON di Kompleks Kampus UPI, Bandung, Jabar, pada Sabtu (5/3/2022). Dokumentasi Kemenpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjadikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat (Jabar), sebagai lokasi awal pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Alasannya, fasilitas yang ada memenuhi standar.

"Saya kira, untuk start awal implementasi DBON, UPI sudah memenuhi standar," ucapnya saat meninjau kampus UPI, Sabtu (5/3). "Apa yang masih kurang, kita akan coba lengkapi."

Menpora menambahkan, kampus UPI menjadi salah satu sentra pembinaan talenta dari 10 daerah yang ada. Selain fasilitas, pemilhan ini juga karena UPI memiliki laboratorium ilmu olahraga.

"Sekarang ini, untuk prestasi olahraga, tidak mungkin kita menghindarkan diri dari sport science. Tempat sport science paling tepat ada di perguruan tinggi," jelas Amali, melansir situs web Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Lebih jauh, politikus Partai Golkar itu menerangkan, pelajar SMP akan direkrut dalam pelaksanaan DBON. Proses rekrutmen berdasarkan talenta olahraga, terutama mengandalkan teknik dan akurasi.