Menteri Erick Thohir dianggap pantas memimpin PSSI

Dalam survei Indikator Politik, Erick Thohir menjadi pilihan utama publik sebagai PSSI-1.

Menteri BUMN, Erick Thohir. Dokumentasi Kementerian BUMN

Menteri BUMN, Erick Thohir, dinilai pantas memimpin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Pangkalnya, berpengalaman dalam mengelola beberapa klub, termasuk di luar negeri.

"Saya pikir Bapak Erick Thohir kapabel untuk pimpin PSSI. Dia punya pengalaman pegang beberapa klub luar negeri," ucap pengamat sepak bola, Abdul Haris, kepada Alinea.id, Senin (14/11).

Meskipun demikian, menurut Haris, ada beberapa masalah. Di antaranya, apakah Erick Thohir bersedia dan berpotensi terjadi perang kepentingan lantaran memiliki saham di beberapa klub Tanah Air.

Jika bersedia menahkodai PSSI, Erick Thohir disarankan mendekati dan meraih simpati para pemilih. "Iya, itu pasti, yang punya suara mereka," katanya.

"Menurut saya, kunci utama ada di voters. Kalau voters ingin bola Indonesia berubah, mereka akan pilih orang-orang kapabel dan lurus," imbuh Haris seraya menambahkan, pengurus nantinya harus konsisten menjalankan statuta yang ada jika ingin menyelesaikan segala permasalahan sepak bola Tanah Air.