Opini: PSSI pindah konfederasi saja

Wilayah Nusantara 2/3 berupa perairan yang memanjang dari barat ke timur sebagai muara teritorial Pasifik.

ilustrasi. ist

PSSI memastikan kontrak jangka panjang untuk pelatih Shin Tae-yong menangani tim nasional. federasi sepakbola Indonesia sebaiknya juga mulai menimbang kemungkinan untuk beralih keanggotaan di konfederasi. Pertimbangannya berdasarkan sejumlah alasan.

Wilayah Nusantara 2/3 berupa perairan yang memanjang dari barat ke timur sebagai muara teritorial Pasifik. Setengah geografi negara ini juga berada di kawasan Oseania. Berbagai ras otentik dengan kebudayaan tradisional di bawah naungan panji-panji Bhinneka Tunggal Ika sebagian bernuansa Melanesia. Di mana ketiga kultur besar di Samudera Pasifik meliputi Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia sangat dekat dengan Indonesia. Separuh nama kita adalah '-nesia' di suku kata terakhirnya, bukan?

Walaupun sebagian besar berupa lautan dan mencakup banyak lempeng benua, Oseania kadang-kadang dikategorikan sebagai salah satu benua. Sedangkan Melanesia berbentuk gugus kepulauan yang memanjang dari kepulauan Nusa Tenggara Timur di Indonesia hingga ke timur sampai Pasifik bagian barat, serta utara dan timur laut Australia.

Saatnya sudah tepat bila PSSI mengalihkan fokus untuk pindah: mendaftar ulang jadi anggota Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC). Di OFC tidak ada Piala AFF, yang tampaknya terindikasi cuma jadi ajang adu curang dalam kawasan internal sebatas ASEAN. Prioritas kesibukan federasi kita selama ini melulu menyiapkan target juara Piala Suzuki dan medali emas SEA Games. Itu seperti dua jebakan yang membuat Indonesia terus terpuruk dalam peta kecil sebatas Asia Tenggara. Sementara hasil capaian di ajang yang lebih prestisius Piala Asia, Olimpiade, dan Pra-Piala Dunia senantiasa babak belur hancur-hancuran.

Pertimbangan move on dari AFC (Konfederasi Sepakbola Asia) ke OFC boleh diwacanakan dengan mencontoh Australia yang sebaliknya pindah dari OFC ke AFC. Socceroos kini justru malah sering menyandung langkah Indonesia untuk maju, terakhir di penyisihan Piala Asia U-23, tahun lalu.