Qatar dituduh menyogok agar Ekuador mengalah di laga pembuka Piala Dunia 2022

Qatar mengambil bagian dalam Piala Dunia FIFA perdana mereka, sekaligus menjadi negara pertama dari dunia Arab yang menjadi tuan rumah.

ilustrasi. foto Pixabay

Laga pembuka Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Qatar versus Ekuador di Grup A, Minggu (20/11). Kedua tim telah bertemu tiga kali sebelumnya, semua pertandingan berlangsung di Qatar -- rekor saling berhadapan mereka sangat seimbang dengan masing-masing satu kemenangan dan satu seri (masing-masing menciptakan 6 gol). Pertemuan terakhir mereka, Qatar menang 4-3 dalam pertandingan persahabatan pada Oktober 2018.

Qatar mengambil bagian dalam Piala Dunia FIFA perdana mereka, sekaligus menjadi negara pertama dari dunia Arab yang menjadi tuan rumah turnamen ini. Mereka akan berusaha untuk menghindari menjadi tuan rumah kedua yang tersingkir di babak pertama Piala Dunia, setelah Afrika Selatan pada 2010.

Empat pertandingan pembukaan terakhir Piala Dunia telah menghasilkan total 17 gol, dengan rata-rata 4,25 gol per pertandingan. Ini pertama kalinya turnamen dimulai pada hari Minggu sejak edisi 1982, saat Belgia mengalahkan juara bertahan Argentina 1-0 di Barcelona.

Senegal menjadi debutan Piala Dunia terakhir yang memenangkan pertandingan pertama mereka di turnamen, mengalahkan juara bertahan Prancis 1-0 di edisi 2002.

Qatar memenangkan ketiga pertandingan mereka sebelumnya yang dimainkan di Stadion Al Bayt, dengan skor agregat 9-0.