Skuad Garuda, tuntutlah ilmu sampai ke Cody Gakpo

Timnas berlambang burung Garuda di kostum niscaya tidak lagi laksana sebuah ikon buruk yang sering terinjak kalah di kaki lawan.

Striker Memphis Depay dari Belanda menembak gawang Skotlandia. Foto SS FS2

Celananya ditarik paksa, pinggang Cody Gakpo juga dipeluk erat oleh John McGinn. Insiden di menit ke-37 itu berbuah kartu kuning. Gelandang Skotlandia nomor punggung 7 mendapat peringatan pertama karena mencurangi penyerang nomor 11 Belanda.

Belanda dan Skotlandia memainkan pertandingan persahabatan internasional di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Sabtu (23/3) dini hari WIB. Permainan cantik Belanda masih terlampau memukau seperti era legendaris tahun 70-an.

Secara individual Gakpo menunjukkan teladan berharga buat para pesepakbola lain, khususnya yang berasal dari dunia ketiga. Termasuk mereka yang berlabel tim nasional di papan bawah FIFA -- misalnya seperti Indonesia.

Penyerang klub Liverpool ini tampak memiliki temperamen khas yang disebut "nuchter" (bahasa Belanda). Kata ini dapat diterjemahkan menjadi "cermat", "membumi", "objektif", atau "tidak terpengaruh emosi".

"Nuchter" pertama kali populer di Indonesia berkat novel Burung-burung Manyar karya YB Mangunwijaya (1981). Istilah sederhananya: Kalem. Temperamen yang tenang, fokus, dingin.