Tiga bintang super Piala Asia U-20 ancaman besar timnas Indonesia

Keunggulan istimewa Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Mahmoud Al-Aswad (Suriah), dan Zidane Iqbal (Irak)

Zidane Iqbal (Irak), Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Mahmoud Al-Aswad (Suriah)

Kurang sebulan lagi, Piala Asia U-20 digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023. Tim tuan rumah diplot ke Grup A bergabung dengan Indonesia, Irak, dan Suriah.

Indonesia sendiri muncul dari undian pot 2 setelah menjuarai grupnya di fase kualifikasi. Pada putaran final nanti, tiga tim lain di atas kertas niscaya lebih diunggulkan.

Keunggulan itu khususnya terletak mutlak di kaki istimewa Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Mahmoud Al-Aswad (Suriah), dan Zidane Iqbal (Irak). Tiga pemain kunci calon lawan di Piala Asia U-20 ini hukumnya wajib diawasi ketat kawalan pertahanan Indonesia.

Sudah tampil lima kali di AFC Champions League,  Abbosbek piawai dengan kaki kanannya. Ia bertipe pengalir bola cerdas, pengumpan yang indah. Ajang level Asia takkan canggung lagi dia jalani karena pengalamannya berkiprah di supremasi antarklub senior tertinggi benua ini.

Bersama klubnya, Pakhtakor Tashkent, sayap kanan ini telah meraih tiga piala. Juara liga Uzbek ganda di musim 2020-21 dan 2021-22 serta Piala Super Uzbek 2021-22.