close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Zidane Iqbal (Irak), Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Mahmoud Al-Aswad (Suriah)
icon caption
Zidane Iqbal (Irak), Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Mahmoud Al-Aswad (Suriah)
Olahraga
Sabtu, 11 Februari 2023 14:10

Tiga bintang super Piala Asia U-20 ancaman besar timnas Indonesia

Keunggulan istimewa Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Mahmoud Al-Aswad (Suriah), dan Zidane Iqbal (Irak)
swipe

Kurang sebulan lagi, Piala Asia U-20 digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023. Tim tuan rumah diplot ke Grup A bergabung dengan Indonesia, Irak, dan Suriah.

Indonesia sendiri muncul dari undian pot 2 setelah menjuarai grupnya di fase kualifikasi. Pada putaran final nanti, tiga tim lain di atas kertas niscaya lebih diunggulkan.

Keunggulan itu khususnya terletak mutlak di kaki istimewa Abbosbek Fayzullaev (Uzbekistan), Mahmoud Al-Aswad (Suriah), dan Zidane Iqbal (Irak). Tiga pemain kunci calon lawan di Piala Asia U-20 ini hukumnya wajib diawasi ketat kawalan pertahanan Indonesia.

Sudah tampil lima kali di AFC Champions League,  Abbosbek piawai dengan kaki kanannya. Ia bertipe pengalir bola cerdas, pengumpan yang indah. Ajang level Asia takkan canggung lagi dia jalani karena pengalamannya berkiprah di supremasi antarklub senior tertinggi benua ini.

Bersama klubnya, Pakhtakor Tashkent, sayap kanan ini telah meraih tiga piala. Juara liga Uzbek ganda di musim 2020-21 dan 2021-22 serta Piala Super Uzbek 2021-22.

Utilitasnya sangat multifungsi, meski lebih handal sebagai sayap kanan. Posisi minornya menjadi gelandang serang dan sayap kiri. Umpan-umpan tajam Abbosbek biasa memanjakan striker-stiker Uzbekistan yang buas merobek gawang lawan.

Sementara Mahmoud Al-Aswad berbakat aktif dua kaki, bola bolak-balik kaki kiri-kanan atau sebaliknya. Jika kaki kanannya yang duluan menyentuh bola, bola itu sangat sering dieksekusi kaki kidalnya.

Kalau kaki kiri yang pertama mengontrol, bola kemudian pindah begitu cepat ke kaki kanan. Cara ini membuat dia mudah melewati para penghadang di hadapannya.

Teknik kecohnya unik. Gerak tipu Mahmoud begitu licik.

Tegap berpostur 1,83 meter, dia bertugas luas sebagai gelandang tengah penyeimbang irama permainan atau berubah ofensif jadi gelandang serang. Lebih dari itu, Mahmoud tembok kokoh ketika beralih fungsi sebagai gelandang bertahan timnas Suriah U-20.

Di atas kualitas Abbosbek dan Mahmoud, jelas Zidane Iqbal. Aset junior milik Manchester United ini sudah bergelanggang di UEFA Champion League. Dia dicoba MU saat berlawanan BSC Young Boys, dua tahun silam.

Suting keras datar menyusur rumput dari kaki kanannya amat mematikan. Zidane tipikal eksekutor kejam dari luar kotak penalti saat dia mengejar peluang emas.

Timnas senior Irak sudah dijajalnya saat Pra-Piala Dunia 2022 melawan Iran dan Lebanon. Mutu tingginya mengundang minat pelatih Zeljko Petrovic, yang menghadiahinya debut selama 20 menit bermain.

Putra blasteran dari ayah Pakistan dan ibu asal Irak ini bermain reguler dalam kompetisi yang lebih tinggi kelasnya dari Elkan Baggot, andalan senior Indonesia. Sungguh berbahaya.

Jadwal Indonesia
Grup A Piala Asia U-20

Indonesia - Irak
1 Maret 2023 17:00 WIB
Lokomotiv Stadium, Tashkent

Indonesia - Suriah
4 Maret 2023 17:00 WIB
Lokomotiv Stadium, Tashkent

Indonesia - Uzbekistan
7 Maret 2023 19:00 WIB
Istiqlol Stadium, Fergana

img
Arpan Rachman
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan