Asa caleg muda di laga elektoral kasta kedua 

Nasib caleg-caleg muda di pentas Pileg 2019 mengkhawatirkan.

Caleg DPR RI dari PSI Dedek Prayudi dalam salah satu kampanye di Dapil Jabar IX, Desember 2019. Dedek bakal memperjuangkan kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada kaum perempuan jika memenangi Pileg 2019. Foto instagram @uki_dedek

Sering tampil di layar kaca tak membuat Brigita Purnawati Manohara percaya diri saat melangkah ke dunia politik. Meskipun tergolong figur publik, Brigita mengaku tak yakin modal popularitas cukup untuk 'mengongkosi' perjalanan politik ke Gedung DPR RI. 

"Saya ini bukan orang Lampung, saya ini orang Surabaya. Jadi saya tak tahu dengan kondisi sosial politik Lampung. Realistis, tapi optimis mah harus. Namanya juga berjuang," ujarnya saat berbincang dengan Alinea.id di Jakarta, Kamis (31/1). 

Brigita ialah bekas presenter berita TV One. Pada perhelatan Pemilu 2019, dara berusia 33 tahun itu memutuskan maju menjadi calon legislatif (caleg) DPR RI dari PDI-Perjuangan. Dapil Lampung 1 dipilih menjadi palagan politiknya. 

Mengaku tak punya dompet tebal, Brigita blusukan di berbagai daerah di Lampung dengan mengandalkan program-program berbiaya murah. Salah satunya ialah pelatihan kehumasan dan public speaking.

"Lumayan lho keluar masuk pengajian ibu-ibu dan ngelatih mereka. Saya enggak bisa ngasih uang soalnya karena saya mantan jurnalis. Saya bisanya ngasih ilmu," ujar dia.