Debat Kennedy-Nixon pada 1960 dan pengaruh televisi

Debat antara Kennedy dan Nixon merupakan debat kandidat presiden pertama di dunia yang disiarkan televisi.

Calon presiden dari Demokrat John F Kennedy dan calon presiden dari Republik Richard Nixon dalam debat pertama pada 26 September 1960. /commons.wikimedia.org/Associated Press

Publik sudah menyaksikan debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden antara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di televisi pada Kamis (17/1).

Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang mengenakan pakaian serba putih beradu gagasan dan argumen dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang bersetelan jas lengkap. Banyak persepsi dari publik, usai menyaksikan debat itu.

Sejarah mencatat, debat memperebutkan kursi presiden yang disiarkan televisi pertama kali terjadi pada 1960 di Amerika Serikat. Dikutip dari artikel “The Kennedy-Nixon Debates” dalam History.com edisi 21 September 2010, debat berlangsung pada 26 September 1960 malam, di studio televisi CBS, Chicago, Amerika Serikat.

Debat tersebut mempertemukan calon presiden dari Partai Demokrat John Fitzgerald Kennedy dan calon presiden dari Partai Republik Richard Nixon.

Politik di televisi