Genjot partisipasi publik, KPU gelar Program DP3

Pelaksanaan program di Sulsel dicanangkan diadakan di 78 desa/kelurahan dengan target 1.989 peserta.

Perwakilan Bupati Toraja Utara (kiri) dan perwakilan KPU Sulsel (kanan) dalam Webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Seri 7: Potret Perkembangan Pilot Project Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, Selasa (26/10/2021). Tangkapan layar kanal YouTube KPU RI/Alinea.id/Siti Nurjanah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencanangkan Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) guna meningkatkan partisipasi publik dalam kontestasi elektoral, khususnya pada Pemilhan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

“Program ini juga dilaksanakan selain memang untuk meningkatkan kualitas sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan mendekatkan KPU kepada masyarakat, khususnya masyarakat di tingkat desa/kampung atau kelurahan," ucap Anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, dalam webinar "Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan", Selasa (26/10).

"Juga dimaksudkan adalah sebagai persiapan KPU di dalam menyiapkan penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan atau Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Nasional Tahun 2024,” sambungnya.

KPU, terang Raka Sandi, telah menggelar rapat koordinasi dan diskusi bersama para pakar serta menyusun dan menjajaki kerja sama dengan pemangku kepentingan jelang pelaksanaan Program DP3 pada awal 2021. Harapannya, memastikan kegiatan berjalan maksimal sesuai harapan.

“Kami tentu tidak ingin mengangkat konsep ini semata-mata wacana atau diskusi. Bahwa konsep dan pengayaan wawasan kemudian sangat penting, tetapi ada saatnya kita melihat bagaimana sebetulnya gagasan-gagasan, inovasi-inovasi, kemudian kearifan-kearifan lokal yang ada di masing-masing daerah itu kita ketahui bersama-sama dan kita lihat di dalam praktiknya di lapangan,” paparnya.