Polisi selidiki kebakaran gudang surat suara di Sumbar

Sebanyak 19 kotak suara beserta seluruh surat suara yang terdapat di dalamnya terbakar.

Polisi melintas di samping Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang terbakar di Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Antara Foto

Pihak kepolisian tengah menyelidiki penyebab terbakarnya gudang logistik yang menyimpan surat suara Pemilu 2019 di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Penyelidikan oleh kepolisian dilakukan dengan melakukan uji laboratorium forensik di lokasi kejadian. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan polisi masih harus menunggu hasil uji labfor untuk mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi pada Senin, (22/4) dini hari. Dalam kebakaran tersebut, 19 kotak suara beserta seluruh surat suara yang terdapat di dalamnya terbakar.

“Labfor juga sudah dilakukan untuk mengecek penyebab kebakaran gudang logistik pemilu yang ada di Sumbar. Aparat kepolisian setempat langsung menangani peristiwa itu,” kata Dedi di Jakarta pada Selasa, (23/4).

Selain melakukan uji laboratorium forensik, kata Dedi, sejumlah saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian dan mengetahui peristiwa kebakaran itu telah dimintai keterangan. Kendati demikian, sampai saat ini belum ada titik terang atas pelaku pembakaran itu.

“Kita juga sudah memeriksa beberapa saksi yang ada di sekitar TKP atau yang mengetahui peristiwa tersebut,” tutur Dedi.