Itikad mendongkrak partisipasi lewat Suara April

Film non komersial itu bakal tayang di sejumlah bioskop di Tanah Air.

Ketua KPU Arief Budiman bersama sejumlah bintang film Suara April di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Jumat (15/3) malam./Alinea.id/Ayu Mumpuni

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar sosialisasi pemilu melalui lewat sebuah film berjudul Suara April. Film yang dibintangi sejumlah aktor dan aktris muda itu akan diputar di beberapa bioskop di Tanah Air. 

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, film non komersial itu menjadi salah satu medium KPU meningkatkan partisipasi pemilih dari kalangan milenial. 

“Kalau kita berhasil meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu ini, maka 2024 nanti semakin meningkat lagi partisipasinya,” ujar Arief usai gala premier film Suara April di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Jumat (15/3).

Penggunaan film sebagai alat sosialisasi pemilu bukan kali pertama dilakukan KPU. Pada 2014 lalu, KPU juga menjadikan film sebagai media sosialisasi. 

Terkait Suara April, Arief mengatakan film itu dibuat dengan sangat hati-hati agar tidak terkesan memojokkan atau mempromosikan salah satu pasangan calon di Pilpres 2019.