Jusuf Kalla ajak masyarakat awasi Bawaslu di Pemilu 2019

Pengawasan ini perlu dilakukan agar Bawaslu tetap bisa berlaku independen.

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan dalam Rakornas Bawaslu di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta utara pada Senin, (10/12). Robi Ardianto/Alinea.id

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengajak masyarakat untuk memantau kinerja Badan Pengawas Pemilu menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019. Pengawasan ini perlu dilakukan agar Bawaslu tetap bisa berlaku independen.

Menurut Kalla, dengan bekerja independen diharap pesta demokrasi lima thaun sekali itu menjadi bermartabat dan kredibel. Dengan begitu, mampu menghasilkan pemimpin terbaik bangsa Indonesia selama lima tahun ke depan. 

“Masyarakat harus ikut membantu mengawasi kinerja Bawaslu agar tetap bersifat independen. Independensi itu tercermin dari tindakan,” kata Jusuf Kalla dalam sambutannya di Rakornas Bawaslu di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta utara pada Senin, (10/12).

Jusuf Kalla menjelaskan, perhelatan Pemilu ibarat pertandingan badminton atau bulutangkis. Dalam pertandingan tersebut diperlukan adanya seorang wasit. Kata Kalla, wasit di pertandingan itu merupakan Bawaslu.

“Karena Pemilu itu seperti permainan badminton. Ada partai yang menang dan bertahan, ada juga yang menyerang,” ujar Kalla.