Masyarakat diminta mencermati janji Capres ketika debat

Cermati janji Capres terutama dalam pemberantasan korupsi, penyelesaian kasus HAM dan terorisme.

Para Capres dan Cawapres mendatangi KPU untuk mengambil nomor urut. Antara Foto

Pakar Hukum Tata Negara, Mahfud MD, meminta masyarakat mencermati janji-janji yang dilontarkan Calon Presiden dalam acara debat perdana Calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan berlangsung pada Kamis, 17 Januari 2019.

“Cermati apa yang dijanjikan para capres, terutama dalam pemberantasan korupsi, penyelesaian kasus hak asasi manusia (HAM) dan terorisme,” kata Mahfud di sela-sela diskusi dengan media di Surabaya, Jawa Timur.

Seperti diketahui,debat tahap pertama yang digelar Komisi Pemilihan Umum bertemakan tentang hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Menurut dia, efek dari debat calon presiden akan mempengaruhi masyarakat, meski tidak banyak. Pasalnya, saat ini lebih dari separuh warga di Tanah Air sudah menentukan pilihan. Kendati demikian, kedua calon presiden dipastikan telah mempersiapkan diri sebaik mungkin karena sadar tentang pengaruhnya terhadap masyarakat.

“Saya yakin debat sudah dipersiapkan sangat baik oleh dua capres, dan pasti tidak ada yang jelek. Lalu, tinggal rakyat memilih lebih menyetujui strategi capres siapa yang lebih tepat,” ucapnya.