Peta dukungan ulama kondang di Pilpres 2024

Prabowo-Gibran kuat di Jatim dan Jateng. Anies-Muhaimin kuasai Sumatera. Ganjar-Mahfud keteteran.

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berkunjung ke Pondok Pesantren Langitan di Tuban, Jawa Timur, Desember 2023. /Foto Instagram @prabowo

Dukungan kalangan ulama kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024 kian mengerucut menjelas pencoblosan. Sejumlah ulama kondang telah resmi mendeklarasikan "keberpihakannya" kepada salah satu paslon. 

Teranyar, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sukses mendaratkan dukungan dari Ustadz Abdul Somad (UAS). Ulama berusia 46 tahun itu menyatakan dukungan terhadap pasangan AMIN setelah dikunjungi Anies di kediamannya di Pekanbaru, Riau, Rabu (13/12) lalu. 

Asisten pelatih tim nasional AMIN Jazilul Fawaid mengatakan UAS tidak akan masuk dalam struktur tim kampanye atau tim pemenangan. Ia menyebut UAS mendukung pasangan jagoannya karena sama-sama menginginkan perubahan. 
 
"Bahwa UAS bersama-sama AMIN untuk memenangkan umat, bersama-sama AMIN untuk menegakkan demokrasi yang baik di Indonesia, bersama AMIN untuk memberantas KKN," kata Jazilul

Selain UAS, pasangan AMIN juga sebelumnya juga telah didukung Ustadz Adi Hidayat. Saat ini, Adi Hidayat tercatat sebagai Wakil Ketua I Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027. Eks pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab juga sudah menyatakan dukungan terhadap AMIN. 

Di kubu pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) sederet ulama kondang juga sudah berkumpul. Pasangan nomor urut 2 itu setidaknya sudah mengantongi dukungan dari Habib Luthfi bin Yahya dan Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.