PKS jadi partai pertama yang daftarkan bakal caleg ke KPU

Sebanyak 208 (35,9%) dari total 508 kuota anggota DPR yang didaftarkan PKS adalah bakal caleg perempuan.

PKS mendaftarkan bakal caleg DPR serta DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota ke KPU hari ini (Senin, 8/5/2023) sehingga menjadi partai pertama yang mendaftar.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR serta DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). PKS menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan bakal calegnya ke KPU.

Kedatangan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu; Bendahara Umum, Mahfudz Abdurrahman; Sekjen, Aboe Bakar Al Habsy; dan jajaran partai diterima langsung oleh Ketua KPU, Hasyim Asyari, dan jajaran. Hasyim menjelaskan, PKS merupakan parpol pertama yang mendaftarkan bakal calegnya ke KPU.

Sementara itu, Syaikhu mengklaim, bakal caleg periode 2024-2029 dari PKS telah lengkap. Pun demikian dengan kuota bakal caleg perempuan minimal 30% dan partisipasi bakal caleg kalangan milenial.

"Ini sesuai yang kita rencanakan, daftar tanggal 8 Mei 2023," ujar Syaikhu seperti disiarkan YouTube KPU, Senin (8/5).

Dijelaskan Syaikhu, ada bakal caleg baru dari beragam latar belakang yang mendaftar lewat PKS. Ada purnawirawan, perempuan, dan milenial. Mereka disebut mendapatkan nomor-nomor bagus.